Makanan Alkali dan Keseimbangan Asam Basa di Dalam Tubuh

Makanan Alkali dan Keseimbangan Asam Basa di Dalam Tubuh - 5.0 out of 5 based on 1 vote
User Rating:  / 1
PoorBest 

Peroleh Keseimbangan Asam Basa Dalam Tubuh Dengan Menjalankan Diet Alkali

diet alkali

Tubuh manusia bersifat sedikit ke arah alkali. Sel-sel tubuh, jaringan dan organ harus mempertahankan kondisi yang sedikit ke arah alkali agar dapat bertahan. Darah yang bersirkulasi di seluruh tubuh harus mempertahankan kisaran pH nya sebesar 7.35-7.45 atau cenderung sedikit ke arah sifat alkali.

Beberapa jenis substansi atau makanan tertentu yang kita konsumsi dapat berpotensi menganggu keseimbangan pH di dalam tubuh. pH darah yang turun pada kisaran 6.95 bahkan dapat memicu koma bahkan kematian.

Oleh karena itu sangatlah penting untuk membantu tubuh anda agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik dalam mengatur keseimbangan pH tubuh yang kompleks. Diet alkali merupakan diet yang sangat baik dalam membantu tubuh agar menjadi lebih sehat.

 

Makanan Yang Menghasilkan Abu Alkali (Alkaline Ash) dan Abu Asam (Acid Ash)

metabolisme tubuh

Ketika suatu makanan dicerna, maka ia akan diserap dan dimetabolismekan, selanjutnya makanan tersebut akan melepaskan senyawa entah itu yang bersifat asam maupun basa/alkali (disebut juga abu asam dan abu alkali) ke dalam darah.

Makanan abu asam (acid ash foods) adalah jenis makanan yang meninggalkan konsentrasi klorida, phosphorus, atau sulfur yang tinggi dalam abunya, dimana hal ini pada akhirnya akan membentuk sifat asam di dalam tubuh. Sedangkan makanan abu alkali (alkaline ash foods) adalah makanan yang meninggalkan konsentrasi magnesium, kalsium, dan potassium yang tinggi dalam abunya sehingga ia akan membentuk sifat alkali di dalam tubuh.

Meskipun tubuh dapat dengan mudah mengatasi kandungan asam yang tinggi sesekali, namun penumpukan asam di dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama dapat menghabiskan cadangan mineral-mineral alkali di dalam tubuh yang digunakan untuk menetralisir sifat asam berlebihan tersebut sehingga pada akhirnya jika cadangan mineral-mineral alkali semakin menipis dapat menurunkan level kritis dari keseimbangan pH tubuh ke arah yang membahayakan.

 

Diet Alkali - Diet Yang Bersahabat Bagi Keseimbangan pH Tubuh

Diet atau pola makan di zaman modern didominasi oleh makanan yang membentuk sifat asam. Banyak orang mempertaruhkan kesehatannya dengan mengkonsumsi makanan yang rendah kandungan mineral, tinggi kadar lemak dan gula, serta makanan-makanan olahan dan junk food secara berlebihan. Tipe diet seperti ini secara umum bersifat asam sehingga dapat berpotensi menimbulkan penyakit bagi tubuh kedepannya jika terus menerus mengkonsumsi makanan yang tidak sehat ini. Oleh sebab itulah banyak ahli-ahli kesehatan merekomendasikan pola diet alkali vs asam sebesar 80/20 untuk menjaga level pH tubuh tetap dalam kondisi seimbang.

diet alkali sayur buah

Dengan memberikan porsi lebih banyak dalam konsumsi makanan yang kaya akan sifat alkali maka anda menjaga tubuh anda agar tetap kuat terjaga, sistem imun lebih tahan dalam menghadapi penyakit, alergi, maupun infeksi. Selain itu keuntungan lain dengan menjaga tubuh bersifat alkali dengan rutin mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersifat alkali adalah energi anda akan meningkat, daya konsentrasi lebih tajam, rambut dan kulit terjaga keindahannya serta kehidupan seksual yang lebih baik. Sedemikian besarnya pengaruh makanan yang kita konsumsi harian terhadap kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

 

Apa Saja Contoh Makanan Yang Bersifat Alkali dan Makanan Yang Bersifat Asam?

chart makanan asam basa

Aturan paling sederhana untuk menentukan apakah suatu makanan membentuk sifat alkali ataupun sifat asam di dalam tubuh kita sebetulnya dapat kita bedakan secara mudah. Makanan yang bersifat alkali umumnya didominasi oleh berbagai jenis sayur dan buahan, sedangkan makanan yang bersifat asam umumnya didominasi oleh daging-dagingan, makanan kaya akan gula dan pemanis, serta makanan olahan dan cepat saji. 

Dari segi minuman pun turut anda perlu perhatikan. Air yang paling bagus diminum adalah air putih, terutama air putih yang juga memiliki sifat alkali seperti air minum Kangen Water. Sedangkan minuman yang harus anda kurangi adalah minuman yang dapat menambahkan keasaman dalam tubuh seperti minuman bersoda, minuman manis maupun kopi.

 

Berikut ini beberapa contoh daftar makanan dan minuman yang bersifat alkali dan makanan dan minuman yang bersifat asam:

Makanan dan Minuman Yang Bersifat Alkali:

makanan bersifat basa

Alfalfa, Alpukat, Jelai, kubis, selada, cabai cayenne, mentimun, bit, bawang putih, jahe, kale, lobak merah, lesitin kedelai, kacang kedelai, kecambah, kacang putih atau navy beans, rumput gandum, almond, asparagus, pisang, bee polen atau serbuk sari, sawi pak coy, brokoli, seledri, buah cherry, evening primrose oil, flax seed oil, cabai, wortel, kembang kol, kacang hijau, lemon, jeruk limau, bawang, kacang pea, kentang, labu, kubis merah, minyak wijen, bayam, teh herbal, tahu, tomat, air alkali Kangen Water, kubis putih, zucchini, semangka, serta buah-buahan dan sayuran lainnya. Anda tidak perlu khawatir saat mengkonsumsi buahan atau sayuran karena hampir dapat dipastikan buah dan sayur cenderung membentuk sifat alkali yang bagus di dalam tubuh.

 

Makanan dan Minuman Yang Bersifat Asam:

makanan bersifat asam

Alkohol, susu, keju, yoghurt, makanan olahan berbahan susu, minyak jagung, margarin, telur, daging-dagingan, ikan, minuman bersoda, gandum, bir, coklat, acar, dan makanan yang diolah lainnya serta makanan kalengan.