Cara Penggunaan Mesin Kangen Water Tipe K8

Cara Penggunaan Mesin Kangen Water Tipe K8 - 5.0 out of 5 based on 7 votes
User Rating:  / 7
PoorBest 

Cara Menggunakan LeveLuk K8

kangen water leveluk k8

LeveLuk Kangen 8 (disingkat K8) merupakan tipe terbaru dari jajaran produk Mesin Kangen Water buatan Enagic. Desainnya didominasi warna putih elegan dengan cara pengoperasiannya yang berbeda dengan tipe-tipe sebelumnya dimana K8 sepenuhnya menggunakan touch screen LCD Panel. Bagian dalam mesin mengalami peningkatan dari segi pelat elektroda yang total berjumlah 8 buah pelat (sebagai perbandingan, tipe SD501 memiliki total 7 buah pelat elektroda). Penambahan 1 buah pelat ini membuat kandungan antioksidan air kangen water yang dihasilkan oleh K8 lebih tinggi daripada produk sebelumnya yang tentu saja semakin bagus untuk kesehatan anda.

 

Adapun cara pengoperasian, cara perawatan, cara penggantian filter dan cara setting Mesin Kangen Water K8 ini sedikit berbeda dengan tipe mesin kangen water yang lain. Artikel-artikel dan tutorial yang kami tulis sebelumnya lebih ditujukan untuk tipe mesin SD501, SD501 Platinum dan JRII. Maka dari itu Khusus untuk artikel ini kami mendedikasikan bagi anda pemilik mesin K8, hal-hal yang harus anda ketahui mengenai unit LeveLuk K8 milik anda.

*Catatan: semua petunjuk yang tertulis di web ini telah tersedia di dalam LeveLuk Kangen 8 Operation Manual Book anda, berikut DVD video tutorial pun telah disediakan saat anda membeli Mesin K8. Jadi harap periksa dus Kangen 8 saat pembelian mesin.

 

CARA PEMASANGAN UNIT

Pemasangan unit Mesin Kangen Water K8 anda tergantung pada sumber air bahan baku yang akan anda gunakan, apakah sumber air bahan baku yang digunakan adalah air keran ataupun air mineral galon. (Dikarenakan kondisi air keran di INDONESIA yang tidak boleh langsung diminum dan mengandung terlalu banyak klorin yang berbahaya bagi kesehatan, maka saran terbaik kami adalah sebaiknya anda menggunakan air bahan baku berupa air mineral galon seperti Aqua dan Vit (bisa merk lain asalkan memenuhi syarat utama sebagai air bahan baku untuk menciptakan Kangen Water yaitu AIR MINERAL dengan pH 7.0). Adapun apapun pilihan anda, anda dapat melihat cara pemasangannya pada artikel yang telah kami tulis sebelumnya dengan mengklik link ini: Cara Pemasangan Mesin Kangen Water. (Catatan: terdapat sedikit perbedaan desain antara DIVERTER K8 dan DIVERTER SD501, namun cara pemasangannya kurang lebih sama. Sedangkan jika anda menggunakan FLOJET, maka cara menghubungkan K8 ke FLOJET sama persis dengan video yang kami berikan).

 

CARA PENGOPERASIAN UNIT

 perbandingan layar lcd k8 vs sd501 kangen water

Jika produk tipe mesin sebelumnya masih berupa tombol-tombol, maka tipe K8 sudah sepenuhnya menggunakan LCD Screen layar sentuh. Anda hanya perlu menyentuh layar LCD dan mesin kangen water K8 anda siap beroperasi.

(Catatan, sentuh dengan jari anda dengan lembut dan jangan terlalu keras. Adapun jangan menggunakan objek / benda lain untuk menyentuh layar LCD seperti menggunakan ujung pena, dll, jika mesin baru anda beli pastikan plastik pelindung LCD telah dibuka dan pastikan jari anda dalam keadaan kering saat menyentuh layar LCD).

 

Berikut fungsi masing-masing tombol pada K8

Home Screen / Layar Utama

tombol kangen water k8

Keterangan:

1. Layar Petunjuk : Menampilkan tulisan jenis air yang anda pilih.

2. Layar pemilihan pH air : anda tinggal memilih jenis air yang ingin dihasilkan dari mesin Kangen Water K8

3. Setting : menampilkan setting / pengaturan mesin (keterangan cara mengatur SETTING, lihat di bawah ini).

 

Setting Screen / Layar Pengaturan

kangen water k8 setting screen

1. Pemilihan Bahasa : Jepang, Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, China, Italia, Spanyol, Portugis.

2. Volume / Tingkat Kekencangan Suara : High (Keras), Low (Pelan), Off (Tanpa Suara)

3. pH Setting : Jika pH yang dihasilkan lebih tinggi dari tingkat warna seharusnya anda dapat menyetelnya menjadi lebih rendah. (Default setting =  7)

4. E-Cleaning : Layar petunjuk yang akan membimbing anda melakukan prosedur E-Cleaning langkah demi langkah.

5. Brightness : Penyetelan tingkat kecerahan layar LCD.

6. Sleep : Pengaturan untuk mematikan layar secara otomatis jika mesin tidak digunakan selama jangka waktu tertentu. (Setting dari 1-5 menit. Default = 1 menit)

7. Filter Check : petunjuk jika anda ingin mengetahui mengenai sisa pemakaian sampai waktu penggantian filter. Pada saat indikator petunjuk bar penuh, maka mesin akan secara otomatis memberikan peringatan untuk mengganti filter baru.

8. Mineral Additive (Opsional) : Jika pH air kangen water yang dihasilkan kurang dari yang seharusnya. Pada mode ini, anda harus membeli bahan yang bernama Calcium Lactate (yang dijual terpisah di Kantor Enagic) untuk menaikkan kadar pH air. (Catatan: mode ini sangat jarang digunakan di Indonesia).

9. Tombol kembali ke layar sebelumnya.

 

Penjelasan Mengenai fitur AUTO CLEANING pada Mesin Kangen K8

auto cleaning k8 kangen water

Pada setiap mesin Kangen Water, terdapat fitur yang akan membersihkan bagian dalam mesin secara otomatis setelah kita memproduksi air alkali dalam jumlah tertentu ataupun setelah kita mengaktifkan fitur tertentu. Fitur pembersihan otomatis ini pada layar LCD mesin tipe SD501, SD501 PLATINUM, JRII dan SUPER501 bertuliskan "NOTICE CLEANING" sedangkan pada LCD mesin tipe terbaru yaitu K8 bertuliskan "KANGEN Refresh" dan "Cleaning Notification". Adapun tujuan pembersihan otomatis ini yaitu untuk mengeluarkan deposit mineral yang terjadi pada saat elektrolisis berlangsung agar tidak menumpuk di dalam pelat bagian dalam mesin Kangen Water yang mengakibatkan penurunan kualitas pH air alkali yang dihasilkan kedepannya.

Adapun mesin K8 (Kangen8) akan mengeluarkan tulisan sbb, jika kondisinya seperti di bawah ini:

- KANGEN Refresh : Terjadi jika anda telah memproduksi KANGEN WATER atau BEAUTY WATER secara terus menerus selama sekitar 10 menit. Saat anda menutup aliran keran, maka mesin Kangen 8 akan segera mengeluarkan notifikasi ini. Yang perlu anda lakukan hanyalah membuka kembali keran dan membiarkan airnya keluar dari pipa atas (air ini untuk dibuang, jangan diminum). Proses kangen refresh ini berlangsung kira-kira selama 10 detik, setelah semua selesai ia akan kembali ke mode yang anda pilih, barulah anda dapat menggunakan mesin K8 (Kangen8) seperti biasa.


- Attention : Cleaning Notification : Terjadi jika setelah anda selesai memproduksi STRONG ACIDIC WATER, dan ketika anda berpindah ke mode lain (contohya mode KANGEN WATER/BEAUTY WATER/CLEAN WATER) maka notifikasi ini akan otomatis aktif. Selain itu fitur otomatis ini juga akan aktif jika anda menghidupkan kembali mesin K8 anda setelah lebih dari 24 jam tidak diaktifkan. Buka aliran keran anda jika ada notifkasi ini, kemudian buang saja air yang keluar. Proses ini memakan waktu kira-kira 30 detik. Pada saat proses berlangsung, layar LCD akan bertuliskan "Cleaning" dan notifikasi suara akan berbunyi "Starting the cleaning cycle" dan saat sudah selesai akan berbunyi "The cleaning cycle is finished." Jika proses ini sudah selesai anda dapat menggunakan mesin K8 anda seperti biasa.

 

Cara Mengisi Electrolysis Enhancher pada Mesin LeveLuk K8 (Kangen 8) untuk memproduksi Strong Acidic Water (pH 2.5) dan Strong Kangen Water (pH 11.5).


Strong Acidic Water pH 2.5 dan Strong Kangen Water pH 11.5 dihasilkan bersamaan saat anda menekan tombol pH 2.5 pada mesin K8 anda. Strong Acidic Water akan keluar melalui pipa bawah, sedangkan Strong Kangen Water akan keluar melalui pipa atas. Jika anda baru pertamakali membeli mesin K8 (ataupun jika cairan Electrolysis Enhancer anda sudah habis) maka anda harus mengisi tangki tersebut dengan cairan Electrolysis Enhancer untuk dapat memproduksi pH 2.5. Adapun saat tangki dalam keadaan kosong, mesin K8 anda akan memberikan notifikasi di layar LCD berupa tulisan "OUT OF ENHANCER, REFILL ELECTROLYSIS ENHANCER." Berikut ini merupakan cara mengisi tangki electrolysis enhancer tersebut.

k8 electrolysis enhancer kangen water

1. Keluarkan tangki electrolysis enhancer dari mesin K8, buka tutupnya lalu isi dengan cairan elektrolisis enhancer. Tutup lagi tangki tersebut
2. Kembalikan tangki yang sudah diisi cairan elektrolisis enhancer ke tempatnya semula.
3. Selesai. Setelah diisi, anda dapat menekan tombol pH 2.5 pada layar LCD untuk memproduksi Strong Acidic Water / Strong Kangen Water.

 

Cara Mengganti Filter Mesin K8

Setelah kapasitas filter telah mencapai 6000 Liter (masa pemakaian kira-kira 1 tahun lebih untuk ukuran pemakaian normal air minum rumah tangga), maka akan ada notifikasi otomatis yang meminta untuk dilakukan penggantian filter. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk mengganti filter mesin Kangen8 (K8) anda.

1. Pada layar akan tampil pesan : FILTER CHANGE - Please Change The Filter

 k8 ganti filter 1

Catatan: Jika anda masih belum sempat mengganti filter (contoh kasus jika anda masih belum membeli filter yang baru), tekan tombol "HOME" (gambar Rumah) untuk kembali ke menu utama. Mesin K8 dapat digunakan seperti biasa akan tetapi pesan untuk mengganti filter akan muncul lagi 2 minggu kemudian, segera beli filter yang baru.

2. Lepaskan Filter Cover

k8 ganti filter 2

Tekan tanda panah di bagian samping mesin, kemudian geser cover ke atas, lalu lepaskan cover tersebut.

3. Keluarkan Filternya

 k8 ganti filter 3

Geser pengunci filter ke arah kiri, lepaskan pengunci filter tersebut lalu cabut filter dari tempatnya.

4. Ganti filter yang lama dengan yang baru

k8 ganti filter 4

Catatan: Baik pada filter lama maupun filter baru, di bagian bawahnya terdapat 2 buah cincin karet berwarna hitam (yang disebut Ring O). Pastikan Ring O tetap melekat pada bagian bawah masing-masing filter baik pada saat anda mencabut filter lama ataupun ketika memasang filter baru. Hilangnya Ring O ataupun pemasangan Ring O yang tidak benar dapat berakibat pada kebocoran air.

 

5. Pasang Pengunci Filter

k8 pasang filter 5

Masukkan pengunci filter, kemudian geser pengunci filter ke arah kanan agar filter melekat kuat pada tempatnya.

 

6. Pasang Kembali Filter Cover

k8 ganti filter 6

 

7. Setelah penutup dipasang, maka filter akan te-reset secara otomatis dan layar LCD akan kembali ke tampilan Menu Utama. Proses penggantian filter selesai. Jalankan air dengan mode Kangen Water selama 3 menit agar filter baru anda berfungsi normal.


Catatan: Pastikan anda membeli semua aksesoris ORGINAL Kangen Water (seperti filter, dll) yang dibeli langsung di Enagic Indonesia. Penggunaan alat-alat / filter / aksesoris PALSU terhadap mesin Kangen Water anda dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin dan batalnya garansi.

Sekiranya langkah-langkah tutorial mengenai cara mengganti Filter K8 (Kangen 8) tersebut di atas ada yang tidak jelas, anda dapat menonton videonya melalui Youtube berikut ini.

 

Cara Melakukan Prosedur E-Cleaning Pada Mesin LeveLuk K8 (Kangen 8)

Prosedur E-Cleaning bertujuan membersihkan mineral kalsium hasil proses elektrolisis agar tidak menempel pada pelat bagian dalam mesin. Prosedur E-Cleaning ini umumnya dilakukan 1-2 minggu sekali tergantung seberapa banyak anda memproduksi air kangen water. Untuk pemakaian normal rumah tangga biasanya 2 minggu sekali, semakin sering dan semakin banyak anda memproduksi air kangen water, maka sebaiknya semakin sering pula prosedur e-Cleaning dilakukan (contoh: 1 minggu sekali). Jika anda tidak melakukan perawatan mesin menggunakan metode e-cleaning ini, berakibat adanya penumpukan mineral di dalam mesin K8 anda, sehingga lama kelamaan kinerja mesin akan terganggu dan akibatnya air alkali yang dihasilkan oleh LeveLuk K8 anda nantinya akan mengalami penurunan pH menjadi yang tidak seharusnya.

Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk melakukan E-Cleaning pada LeveLuk K8 (catatan: prosedur E-cleaning pada LeveLuk K8 sedikit berbeda dengan E-celaning pada tipe mesin LeveLuk SD501, JRII dll)

Peralatan yang harus disiapkan:

kangen 8 e cleaning tutorial 1
1. Air bersih sebanyak 400ml.
2. Dua sachet Cleaning Powder (pada saat pembelian mesin anda akan diberikan beberapa cleaning powder, jika habis anda dapat membeli refillnya di Kantor Enagic Indonesia)
3. Tangki E-Cleaning
4. Cleaning Cartridge
5. Penutup pipa bawah (berwarna merah) 1 pcs

Langkah-langkah:

kangen 8 e cleaning tutorial 2

kangen 8 e cleaning tutorial 3

1. Pertama-tama pastikan tidak ada aliran air yang masuk ke dalam mesin lalu pada layar LCD tekan tombol "Setting" lalu pilih "E-Cleaning"

2. Pada layar ada tulisan E-Cleaning Instructions? "YES" atau "NO", jika anda pilih "YES" maka akan ditampilkan di layar langkah berikutnya yaitu cara mencampurkan bahan-bahan di atas, jika anda pilih 'NO" maka anda dianggap telah tahu cara mencampurkan bahan-bahan, dan langsung loncat ke langkah no.6. Dalam hal tutorial ini kita pilih "YES" saja dulu.

3. (E-Cleaning 1) Tuangkan 2 sachet bubuk Cleaning Powder ke dalam Tangki E-Cleaning yang tadi telah disiapkan, campurkan dengan 400 ml air, kemudian kocok-kocok. Setelah selesai tekan tombol "OK" pada layar LCD.

4. (E-Cleaning 2) Tukar Tangki yang ada di dalam mesin K8 dengan tangki E-Cleaning barusan (yang telah berisi cairan bubuk e-cleaner yang telah dicampur air). Jika sudah, pada layar LCD Tekan tombol "OK"

5. Jika anda menggunakan semua AKSESORIS ASLI / ORIGINAL dari Enagic Kangen Water, maka mesin K8 anda akan mendeteksi dan mengeluarkan tulisan "The tank is recognized", kemudian akan otomatis ke langkah berikutnya.

6. (E-Cleaning 3) Keluarkan filter yang ada di sebelah kiri mesin, ganti dengan Cleaning Cartridge yang telah kita persiapkan.

7. (E-Cleaning 4) Pada pipa bawah mesin K8, pakaikan penutup berwarna merah yang telah kita persiapkan sebelumnya.

8. (E-Cleaning 5) Tekan tombol "START" untuk memulai proses E-Cleaning.

9. (E-Cleaning 6) Layar LCD akan menunjukkan hitungan mundur jumlah waktu yang dibutuhkan sampai proses E-Cleaning selesai, yaitu selama 3 jam. Diamkan saja proses ini selama 3 jam.

10. (E-Cleaning 7) Proses selesai, pada layar LCD akan bertuliskan "Cleaning is finished", lepaskan penutup warna merah pada pipa bawah. tekan tombol "OK" pada layar LCD.

11. (E-Cleaning 8) Lepaskan Cleaning Cartridge, dan pasang kembali filter pada tempatnya. tekan tombol "OK" pada layar LCD.

12. (E-Cleaning 9) Lepaskan tangki E-Cleaning, dan pasang kembali tangki yang sebelumnya. tekan tombol "OK" pada layar LCD.

13. (E-Cleaning 10) Nyalakan aliran keran air untuk membersihkan mesin K8.

14. (E-Cleaning 11) akan ada hitungan mundur selama 300 detik.

15. (E-Cleaning 12) selesai. Layar LCD akan bertuliskan "Complete", matikan aliran keran air.

16. Layar LCD akan kembali ke Home Screen, prosedur E-Cleaning selesai, anda dapat menggunakan mesin seperti biasa.


Ingatlah untuk selalu menjalankan prosedur E-Cleaning ini setiap paling tidak 2 minggu sekali (atau 1 minggu sekali jika anda memproduksi kangen water harian dalam jumlah yang sangat banyak). Hal ini penting untuk menjaga ketahanan mesin kangen water anda serta agar air alkali serta antioksidan yang dihasilkan dari mesin K8 selalu berada dalam kualitas tertinggi bagi kesehatan anda dan keluarga.

Jika anda masih belum paham cara melakukan prosedur E-Cleaning untuk mesin Kangen 8 anda, maka anda dapat menonton video Youtubenya di bawah ini.



Demikianlah hal-hal yang harus anda ketahui seputar penggunaan mesin LeveLuk K8 anda, jika ada pertanyaan, silakan hubungi kami pada contact yang tersedia.

 

Next page Beauty Water untuk Perawatan Wajah

Back to HOMEPAGE

. Klik LIKE /SHARE jika anda menyukai artikel ini.