Panduan Untuk Pemilik Mesin Kangen Water

Panduan Untuk Pemilik Mesin Kangen Water - 5.0 out of 5 based on 6 votes
User Rating:  / 6
PoorBest 

Perkenalan dengan Mesin Kangen Water pertama kali

Selamat, anda telah memilih keputusan terbaik dengan memiliki Mesin Kangen Water di rumah anda. Anda akan senang dengan mesin Kangen Water yang akan membawa kesehatan dan kebaikan hidup anda beserta keluarga yang anda cintai. Rasa airnya yang lezat dan menyehatkan serta segudang manfaat positif yang diberikan, akan membuat anda menyadari bahwa ini merupakan satu keputusan dan investasi yang tepat dalam membawa Mesin Kangen Water ke rumah anda.

leveluk sd501 enagic kangen water

Berikut akan kami berikan panduan bagi anda yang pertamakali memiliki Mesin Kangen Water tipe apapun (baik leveluk tipe SD501, SD501 Platinum, Kangen 8, JRII ataupun Super501)

Mari kita mulai dengan informasi mengenai pemasangan Mesin Kangen Water di rumah anda.

 

Saat anda membeli mesin Kangen Water, di dalam kardusnya telah disertakan DVD mengenai petunjuk cara instalasi/pemasangan mesin Kangen Water yang sesuai untuk jenis keran anda di rumah. (Melalui web kami www.enagicdistributor.com, telah juga kami berikan artikel mengenai petunjuk langkah demi langkah pemasangan mesin kangen water melalui video yang kami upload di youtube. Khusus bagi anda yang berdomisili di Jakarta, kami akan membantu instalasi gratis pemasangan mesin Kangen Water di rumah anda. Bagi anda yang ada di luar kota atau luar pulau, kami akan memberikan bimbingan sejelas-jelasnya mengenai instalasi pemasangan dan hal-hal yang perlu anda ketahui tentang segala hal mengenai Kangen Water, sampai mesin Kangen Water yang anda beli melalui kami dapat anda gunakan dengan baik di rumah anda.)

 

Pada DVD yang disertakan, terdapat juga tips-tips kecil mengenai cara mengoperasikan Mesin Kangen Water, seperti contohnya tentang bagaimana cara menekan tombol "Reset" yang berada di balik kompartemen Filter, saat anda memasang mesin untuk pertama kalinya.

 

1) Kadang-kadang, saat anda baru pertamakali menerima mesin Kangen Water, terdapat air yang keluar dari dalam selang (pipa) mesin Kangen Water. Hal ini merupakan hal yang normal karena perusahaan Enagic Jepang selaku produsen pembuat mesin kangen water, melakukan test secara menyeluruh sebelum mesin dikirimkan ke berbagai negara di seluruh dunia. Hal ini untuk memastikan bahwa mesin-mesin tersebut dapat berfungsi dengan baik.

 

2)  Terdapat satu set Adapter yang telah disertakan saat pembelian mesin, yang harus anda pasang terlebih dahulu pada keran anda jika sumber air yang anda gunakan adalah air keran. Akan tetapi, terkadang set adapter default yang diberikan belum tentu cocok dengan tipe keran air di rumah anda. Untuk mengatasinya anda dapat mengunjungi toko peralatan pipa terdekat dan mengganti kepala keran anda dengan jenis yang sesuai dengan adapter kangen water. Selain itu ada cara lain yang lebih disarankan dan lebih mudah yaitu dengan membeli Pompa Elektrik dari pihak ketiga, dengan nama "Flojet" (kami bisa membantu anda melakukan pembelian Flojet jika anda membeli mesin melalui kami). Flojet ini digunakan jika sumber air yang anda gunakan berasal dari air mineral galon 19 liter. (Penggunaan air galon mineral sebagai sumber air bahan baku mesin kangen water di Indonesia juga lebih disarankan ketimbang menggunakan air keran sebagai sumber bahan baku. Penggunaan air keran sebagai bahan baku lebih ditujukan jika air keran tersebut boleh langsung diminum, seperti air keran di negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, Singapura, dll karena air tersebut telah difilter sebelumnya sehingga siap minum. Kondisi ini berbeda dengan air keran di Indonesia dimana kualitas airnya berbeda-beda di setiap daerah dan air keran tsb juga tidak boleh langsung diminum karena banyak mengandung klorin dan zat-zat lainnya).

 

3) Selesai melakukan instalasi pada mesin kangen water anda, alirkan airnya selama beberapa saat tanpa menghidupkan tombol powernya terlebih dahulu. Setelah air bisa mengalir dari pipa atas (pipa fleksibel), barulah anda dapat mulai menggunakan mesin Kangen Water anda.

 

4) Ada selang berwarna abu-abu di bagian bawah mesin (belabel orange, bertuliskan Strong Acidic). Pastikan selang / pipa bawah ini tidak tertekuk ataupun terlipat. Ini penting untuk memastikan mekanisme pengeringan otomatis bekerja maksimal dalam mengeluarkan air sisa setiap kali anda selesai menggunakan mesin kangen water. Tujuan pengeringan ini yaitu untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri dan kerusakan pada bagian dalam mesin.

 

5) Jika anda merasa bahwa panjang selang ada yang tidak sesuai dengan kebutuhan anda, anda dapat membeli selang alternatif di Enagic. Sebagai contoh jika anda membutuhkan pipa atas yang lebih panjang ataupun pipa bawah yang lebih pendek. Selang / pipa untuk mesin kangen water dari enagic, dibuat dengan teknologi khusus yang bersifat antibakteri, sehingga kualitasnya berbeda dari selang yang dijual di pasaran.

 

6) Untuk membuat Strong Acidic Water (pH 2.5) yang keluar bersamaan dengan Strong Kangen Water (pH 11.5), anda terlebih dahulu diharuskan untuk mengisi "Enhancer Tank" yaitu sebuah kompartemen yang terletak di samping kanan mesin. Enhancer Tank ini diisi dengan cairan yang dinamakan Elektrolisis Enhancer. Elektrolisis Enhancer ini adalah larutan garam, anda harus berhati-hati agar cairan tersebut tidak tumpah ke dalam mesin karena bisa mengkorosi pelat dan merusak mesin.

Sebagai catatan, seandainya anda ingin mentransport atau membawa mesin kangen water ke tempat lain, pastikan anda terlebih dahulu mengeluarkan Enhancer Tank untuk mencegah cairan elektrolisis tumpah seperti yang telah dijelaskan di atas.

Kadang-kadang, saat pertamakali anda membuat Strong Acidic Water, Mesin Kangen Water anda akan mengeluarkan notifikasi yang berbunyi "Refill Specified Solution" meskipun anda telah mengisi Enhancer Tank tersebut dengan Cairan Elektrolisis. Seandainya hal ini terjadi, jalankan saja airnya selama beberapa saat hingga notifikasi tersebut tercancel dengan sendirinya. Jika hal ini masih terus terjadi selama lebih dari 30 detik, coba anda kurangi kecepatan aliran air yang masuk ke dalam mesin Kangen Water.

Adapun silinder yang terletak di atas Tank Elektrolisis Enhancer, adalah Calcium Adding Cylinder. Fitur ini biasanya hanya digunakan di daerah dimana kandungan mineral pada air bahan baku yang digunakan tidak mencukupi untuk menghasilkan elektrolisis. Silinder ini haruslah tetap dalam keadaan terkunci alias "Closed", karena jika posisinya terbuka (Open) maka dapat menimbulkan kebocoran di sebelah kanan unit mesin kangen water anda.

 

7) Jika anda mau menggunakan prefilter (jika bahan baku anda adalah air keran, maka untuk kondisi air keran di Indonesia wajib untuk memakai prefilter), Enagic menjual prefilter secara terpisah (jadi anda harus membeli tambahan prefilter lagi). Adapaun prefilter yang digunakan adalah KDF, Ion dan Antibakteri

Khusus untuk filter bagian dalam mesin, untuk pemakaian rumah tangga, biasanya diganti selama 1 tahun sekali atau saat kapasitas air telah mencapai sekitar 6000 liter (setara dengan 300 galon air mineral berukuran 19 liter). Akan ada notifikasi otomatis oleh mesin kangen water anda jika sudah saatnya filter perlu diganti. Notifikasi tersebut berbunyi "Replace Filter".

Harap pastikan saat anda mengganti filter kangen water, dua buah karet hitam bundar yang disebut Ring O, yang terletak di bagian bawah filter, masih menempel pada masing-masing filter (baik filter yang lama ataupun pada filter yang baru). Jika anda tidak sengaja menumpuk Ring O ini menjadi 2 lapis, maka dapat mengakibatkan kebocoran air. Setelah selesai mengganti filter, anda dapat menekan tombol Reset yang terletak di bagian dalam kompartemen filter.

Ada hal lain yang harus diperhatikan mengenai sumber bahan baku air yaitu JANGAN menggunakan air RO (Reverse Osmosis) dan Air Tanah (Air Sumur) sebagai sumber air bahan baku untuk mesin kangen water. Kenapa tidak boleh?

Hal ini dikarenakan proses RO membuang seluruh jenis kandungan mineral dari dalam air, termasuk mineral-mineral yang baik bagi tubuh. Pembuangan seluruh mineral ini menjadikan air tersebut mati dan bersifat asam. Proses ionisasi pada mesin Kangen Water sendiri membutuhkan air yang mengandung mineral, karena itulah air RO samasekali TIDAK BISA digunakan sebagai bahan baku air kangen water.

Selanjutnya mengenai air tanah atau air sumur, kenapa tidak boleh digunakan sebagai sumber air bahan baku untuk kangen water? hal ini dikarenakan air tersebut bersifat sangat asam dan mengandung Gas Karbon Asam (alias Carbon Acidic Gas). Jika anda meneteskan pH tester pada air tanah tersebut, maka air tersebut akan berubah warna menjadi kuning atau merah, yang menunjukkan air tsb bersifat asam. Jika anda tetap menggunakan air jenis ini sebagai bahan baku, maka pada saat anda memprosesnya menjadi air alkali Kangen Water dengan pH 8.0, 9.0 ataupun 9.5, maka saat ditest dengan pH tester, warnanya akan tetap kuning atau maksimal berubah menjadi hijau (hijau artinya pH normal alias pH 7.0) Jadi air yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang anda inginkan. Sebagai catatan air Kangen Water yang bersifat alkali saat ditetesi pH tester akan berubah warna menjadi biru sampai ke warna ungu.

Oleh karena itu, seandainya anda tidak yakin akan air bahan baku yang akan anda gunakan, kami menyarankan anda untuk menggunakan air mineral galon seperti Aqua atau Vit yang banyak dijual di toko-toko terdekat di rumah anda. Adapun air Aqua atau Vit merupakan air mineral layak minum yang sudah terstandarisasi dan memiliki pH 7.0 (alias pH normal). Hal ini sesuai dengan standar air bahan baku yang bisa diproses oleh mesin Kangen Water.

 

8) Semua tipe mesin kangen water memiliki layar tampilan digital serta memiliki fitur suara (kecuali tipe terendah yaitu tipe JRII yang tidak memilki fitur suara). Anda dapat menyetel volume besar kecilnya suara dengan cara menahan tombol "Kangen" selama kurang lebih 3 detik saat mesin dalam keadaan OFF, sampai di layar muncul pilihan untuk setelan tingkat volume suara.

 

Tips-tips berikut ini merupakan tips yang patut diingat saat mengoperasikan mesin kangen water anda:

 

Pertamakali membeli Mesin Kangen Water, disarankan untuk membaca buklet yang berjudul "The Advantages to Using Electrolytic Water" (Manfaat menggunakan air yang dielektrolisis).

 

1) Setiap pagi saat anda menghidupkan mesin Kangen Water, disarankan untuk menjalankan mode "Beauty Water" selama 2 menit, setelah itu anda dapat mengembalikan setting ke mode "Kangen Water". Hal ini bertujuan untuk melakukan sedikit pembersihan di bagian dalam mesin serta menjaga air tetap murni setelah mesin dibiarkan semalaman.

 

2) Mesin Kangen Water anda memiliki siklus pembersihan otomatis yang berbunyi "NOTICE CLEANING". Siklus ini terjadi otomatis setiap kali anda menghasilkan air kangen water sekitar 56 liter air (atau setara dengan 3 galon air mineral ukuran 19 liter);  atau saat anda memproduksi air selama 15 menit nonstop; ataupun setelah anda selesai memproduksi Strong Acidic Water (pH 2.5). Saat notifikasi Notice Cleaning ini berlangsung, biarkan airnya mengalir keluar (air notice cleaning untuk dibuang dan TIDAK untuk diminum). Proses Notice Cleaning ini biasanya berlangsung sekitar 30 detik. Proses ini selesai saat tampilan tulisan di layar dan fitur suara kembali berbunyi "KANGEN WATER". 

Adapun proses Notice Cleaning merupakan hal yang berbeda dengan pembersihan manual yang dilakukan secara intensif seperti dengan melakukan proses E-Cleaning maupun Deep Cleaning.

 

3) Tiap kali mesin kangen water anda berbunyi "beep-beep" saat anda sedang memproduksi air, itu tandanya air yang diproduksi tersebut bukanlah air minum. Bunyi "beep-beep" ini terjadi jika air yang anda produksi adalah Beauty Water (pH 6.0), Strong Acidic Water (pH 2.5) ataupun saat NOTICE CLEANING berlangsung.

 

4) Mesin Kangen Water didesain hanya untuk air bersuhu biasa. Jangan memasukan air panas secara langsung ke dalam mesin karena hal itu dapat merusak High Grade Filter yang ada di dalam mesin. Mesin Kangen Water akan memberikan peringatan otomatis berbunyi "Hot Run Protect" jika ada air panas yang masuk ke dalam mesin.

Jika anda menginginkan air kangen water yang panas/hangat, anda bisa memanaskan air kangen water yang telah selesai anda produksi. Air kangen water bisa anda gunakan untuk membuat kopi, teh, sup ataupun untuk keperluan memasak. Kangen Water dapat membuat citarasa masakan anda terasa lebih lezat. Selain itu anda juga bisa membuat es batu dari air kangen water. Saat dipanaskan, pH dan ORP Kangen Water akan sedikit berubah sementara saat didinginkan, hanya ORP yang berubah sedangkan pH akan tetap sama.

 

5) Sesekali anda dapat mengetes pH kangen water yang telah anda produksi menggunakan pH tester yang disertakan saat pembelian mesin. pH Kangen Water dapat disetel dengan menyetel kecepatan aliran air yang masuk ke dalam mesin tersebut. Semakin pelan aliran air, maka akan semakin tinggi tingkat pH dan ORPnya. Setting aliran air yang pelan ini biasanya dibutuhkan pada saat membuat Acidic Water atau Strong Acidic Water. Adapun jika aliran air yang masuk kedalam mesin terlalu cepat maka mesin akan memberikan notifikasi otomatis berbunyi "Decrease Flow" (alias pelankan aliran airnya). Penggunaan aliran air yang pelan saat membuat Acidic Water dan Strong Acidic Water yaitu agar proses ionsasi di dalam mesin memiliki kesempatan untuk menghasilkan air yang anda butuhkan secara sempurna.

  

Jagalah Mesin Kangen Water anda agar tetap terawat!

Melakukan perawatan mesin Kangen Water sangatlah penting untuk membuat daya tahan mesin anda tetap maksimal (bahkan hingga selama 15 tahun). Saat anda membeli mesin kangen water, turut disertakan didalamnya yaitu alat E-cleaner Cleaning Cartridge (alat untuk membersihkan mesin, yang disebut juga CPU-N "Cleaning Powder Unit-New"). Ukuran CPU-N ini sebesar 1/4 dari ukuran filter kangen water. Disarankan untuk melakukan prosedur E-Cleaning ini selama 1-2 minggu sekali agar mesin tetap terawat dengan baik. Instruksi mengenai cara melakukan prosedur E-Cleaning bisa dibaca pada lembaran buklet yang disertakan, ataupun anda bisa membacanya di artikel web kami. Untuk pemakaian normal rumah tangga sehari-hari, biasanya dilakukan 2 minggu sekali. Namun jika anda memproduksi kangen water secara sangat banyak dan berlimpah setiap hari, maka perawatan mesin juga harus mengikuti dengan seimbang untuk menjaga agar pelat bagian dalam mesin tetap bersih dan air kangen yang anda hasilkan tetap maksimal.

 

Adapun jika anda menemui kejadian dimana pipa atas (yaitu pipa fleksibel) aliran airnya sedikit tersendat, ada kemungkinan anda jarang melakukan perawatan mesin kangen water. Maka segera lakukan prosedur E-Cleaning ini. Proses E-Cleaning biasanya ditinggalkan selama semalaman untuk mencapai hasil pembersihan mesin yang maksimal.

Enagic menyediakan pula jasa pembersihan mesin kangen water secara menyeluruh yang disebut metode Deep Cleaning. Metode ini hanya bisa dilakukan oleh tenaga ahli staff Enagic Indonesia dimana mesin diperiksa dan dibersihkan secara profesional. Adapaun metode ini disarankan dilakukan setahun 1 atau 2 kali, dan mesin harus dibawa ke Kantor Pusat Enagic Jakarta. (Biaya Deep Cleaning harganya sekitar Rp. 500.000). Kegunaan prosedur Deep Cleaning yaitu membuang tumpukan kalsium berlebih yang menempel pada pelat ionsiasi di dalam mesin. 

Demikianlah artikel mengenai Panduan bagi anda yang telah membeli mesin Kangen Water. Jika anda memiliki pertanyaan, bisa menghubungi kami pada nomor kontak yang tersedia.

 

*next page Cara Membuat Strong Acidic dan Strong Kangen

*back to HOMEPAGE

. Klik LIKE /SHARE jika anda menyukai artikel ini.